MASIGNCLEAN101

Cara Ampuh Meningkatkan Antibody Seorang Balita

Apa itu antibody? Antibody adalah sebuah pertahanan tubuh atau pelindung bagi tubuh terhadap penyakit - penyakit yang bisa menyerang melalui udara serta zat asing yang beracun. Anti body sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia, dimana antibody dapat melindungi tubuh manusia dari berbagai macam penyakit.



Terutama bagi balita yang tubuhnya masih rentan terhadap penyakit, maka dari itu antibody terhadap balita sangatlah penting, maka dari itu saya membagikan tips memperkuat antibody untuk balita. Berikut adalah caranya.

Memperkuat Antibody Balita : 

1. Memberikan ASI Selama 2 Tahun.

ASI adalah perlindungan untuk meningkatakan dan mempertahankan imunitas anak-anak dari usia 0 sampai 9 bulan secara eksklusif, tetapi tetap dapat diberikan ASI hingga usian 2 tahun agar kekebalan tubuhnya semakin kuat dan tubuh telah siap beradaptasi dengan lingkungan luar yang sifatnya telah terkontiminasi dengan partikel beracun dari hasil polusi udara. Selain itu ASI juga memberikan efek kecerdasan terhadap pertumbuhan otak balita.


2.  Istirahat Cukup Minimal 10 Jam Sehari.

Balita yang masih dalam masa pertumbuhan yaitu usia 0 sampai 12 tahun membutuhkan waktu istirahat yang lebih panjang daripada orang dewasa. Hal itu berhubungan dengan peningkatan kualitas kekebalan tubuh anak. Semakin baik waktu tidur yang dicapai setiap hari maka organ-organ tubuhnya yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan akan semakin kuat dan sehat.


3. Menghindarkan Anak Dari Serangan Stres.

Biarkan balita bergaul, beradaptasi dan bersosialisasi dengan teman temannya tanpa mengenal perbedaan. Balita yang sering tertawa dan terlihat santai dan bahagia dalam menikmati aktifitasnya akan mempertebal imunitas tubuhnya. Dengan merasa bahagia dan tidak stres akibat menyandiri maka produksi sel imun pada balita akan meningkat tajam, dan secara otomatis akan membentuk daya tahan tubuh terhadap balita.


4. Hindari Pemberian Antibiotik Secara Berlebihan

Apapun alasannya jangan biarkan anak-anak mengkonsumsi obat obatan antibiotik apalagi dalam jumlah yang berlebihan. Zat kimia keras yang ada pada antibiotik bersifat keras, tajam dan beracun sehingga tidak cocok bagi organ tubuh anak yang masih dalam tahap perkembangan. Antibiotik dapat menyebabkan melemahkan dan mengganggu sistem antibodi anak secara perlahan lahan dan membuat anak justru rentan jatuh sakit. Saat ini dokter juga sepakat menyarankan "Apabila anak terkena Batuk,Pilek,dan Flu tidak perlu diberikan antibiotik, cukup istirahat yang cukup. Jika tidak sembuh dalam kurun waktu 3 - 4 hari hubungi dokter atau bawa ke puskesmas terdekat"

5. Berjemur Pada Matahati Pagi.

Matahari pagi memiliki banyak sekali fungsi baik terhadap tubuh. Matahari pagi bersifat menghangatkan dan mampu menyehatkan gigi, organ dalam, memperbaiki kerusakan tulang dan memadatkan massa tulang pada anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sinar matahari dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak karena sinar matahari mengandung vitamin D yang kuat, bertindak sebagai antioksidan dan anti bakteri yang mampu menggagalkan pertumbuhan bakteri dan virus yang ada didalam tubuh dan mampu pula mempercepat proses poenyembuhan luka atau peradangan. Idealnya menggunakan sinar matahari pagi antara jam 06.30 - 08.30.


6. Mengkonsumsi Makanan Sehat.

Pada dasarnya kita sebagai orang tua tidak ingin repot dengan makanan untuk balita kita, maka dari itu seringkali orang tua memberikan makanan siap saji terhadap balita. Namun pada dasarnya makanan siap saji tidak bagus untuk tubuh balita. Berikanlah makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan,daging,ikan,sayur,dan makanan sehat lainnya yang mungkin bisa anda buat sendiri. Terutama berikan makanan yang mengandung Vitaman,Protein,Gizi,Zat Besi dan Mineral.


7.  Mengurangi Gula Dan Garam.

Gula dan garam yang berlebihan didalam tubuh tidak baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak serta organ tubuh anak anak. Gula dan garam dapat mengganggu keseimbangan tubuh sehingga menurunkan kekebalan tubuh anak. Berikan gula secara wajar dan jika mungkin biasakan mereka untuk mengkonsumsi gula jagung atau gula aren dalam berbagai menu makanan kesukaan mereka.


8. Jangan Takut Kotor.

Yang terakhir ini adalah hal yang kebanyakan ditakuti oleh orang tua, namun sebenarnya hal juga efektif untuk membentuk antibody seorang balita untuk kedepannya. Dengan membiarkan anak untuk tidak takut kotor seperti bermain lumpur,bola,boneka,rumput,tanah,bahkan air hujan dan lain-lain, tentu hal ini akan membuat tubuh beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Dengan adaptasi tubuh terhadap lingkungan, secara otomatis antibody akan terbentuk dan sudah terbiasa dengan hal kotor yang sering dibuat mainan oleh sang balita. Hal ini juga sangat disarankan agar kekuatan daya tahan tubuh balita akan semakin kuat ketika dia semakin dewasa.


Itulah beberapa tips ampuh meningkatkan antibody seorang balita. Tetap jaga kesehatan balita anda dan jangan biarkan balita anda berdiam menyendiri, itu akan mempengaruhi pertimbuhan, kesehatan, serta mental balita anda.
Bagikan Artikel :
Unknown

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Sederhana Kami,Semoga Apa Yang Kami Sampaikan Dapat Bermanfaat Untuk Anda. Jika ingin melakukan Re-upload artikel kami, mohon untuk menyertakan sumber.